Pelatihan MQ Basic

Posted by Pelatihan MQ 11.03, under | No comments

Hidup adalah kombinasi dari keadaan senang dan susah, mudah dan sulit, kaya dan miskin, sehat dan sakit, lapang dan sempit yang akan datang silih berganti kepada setiap individu, keluarga, komunitas dan bangsa. Banyak anggapan bahwa yang menjadi masalah adalah apa yang didapatkan atau dihadapi. Padahal masalah sebenarnya adalah bagaimana respon atau reaksi kita terhadap masalah itu. Inilah yang menunjukkan bagaimana sebenarnya akhlak seseorang.
Individu yang berakhlak mulia akan menghadapi setiap permasalahan hidup dengan tenang, arif, dan bijaksana. Ia akan memilih respon terbaik sesuai dengan nilai yang diyakininya.

Baginya apapun yang terjadi jika dapat bersikap dengan tepat dan benar, niscaya tidak akan membuat rugi sedikit pun. Kejadian apapun, dari siapa pun hanyalah akan menambah kematangan, kearifan, dan kemuliaan diri. Ia sibuk berusaha memperbaiki diri agar selalu dapat memberi respon dan reaksi yang tepat karena ia menyakini bahwa kunci sukses hanyalah apabila ia menjadi pribadi yang senantiasa berubah dari hari ke hari, dari waktu ke waktu, dengan cara mengevaluasi diri dan memperbaiki diri.

Sebaliknya, individu yang berakhlak buruk menganggap permasalahan hidup yang muncul merupakan inti dari masalahnya sehingga cenderung lebih sibuk memikirkan dan menyalahkan lingkungan, orang lain, situasi, bahkan Tuhan Sang Pencipta kerap dianggapnya tidak adil. Ia akan merespon segalanya dengan hawa nafsunya yang jauh dari nilai-nilai hakiki. Baginya semua yang ada di luar harus berubah, sementara dirinya dianggap sudah benar.

Inti dari akhlak terletak pada Qolbu. Qolbu merupakan tempat bersemayamnya niat, yakni yang menentukan nilai perbuatan seseorang, berharga atau sia-sia, mulia atau nista. Semakin baik Qolbu nya maka semakin baik pula akhlaknya, sebaliknya semakin buruk Qolbu nya maka semakin buruk pula akhlaknya. Oleh karena itu, perubahan dan perbaikan akhlak harus diawali dengan upaya mengelola, meluruskan, dan membersihkan hati. Dengan demikian, membangun akhlak diri sendiri, keluarga, dan tatanan masyarakat pada lingkup apapun, sangat bergantung pada aktivitas kita dalam menata Qolbu menjadi bersih.

Manajemen Qolbu merupakan upaya menata Qolbu agar senantiasa menjaga dan menjadikan niat dalam berbuat sesuatu dilandaskan pada nilai-nilai hakiki dan mulia sehingga niat dan perbuatannya akan bernilai mulia dan dapat dipertanggungjawabkan di dunia maupun di akhirat kelak. Inti dari konsep Manajemen Qolbu adalah memahami diri dan kemudian mau dan mampu mengendalikan diri. Seorang manusia yang mampu memahami diri, mengendalikan diri, serta mengembangkan dirinya dengan hati yang bersih dan tertata akan dapat mengoptimalkan setiap potensi yang ada dalam dirinya, yaitu potensi Akal, Jasad, dan Qolbu secara seimbang menuju kemuliaan diri.

Pelatihan Manajemen Qolbu menawarkan suatu bentuk pelatihan yang sistematis, solutif, dan aplikatif dalam upaya penataan Qolbu. Dengan alur pembelajaran yang runut dan sistematika yang ilmiah, pelatihan ini memberikan pencerahan dalam memahami diri dan memaknai hidup. Pelatihan Ini sekaligus menawarkan solusi atas permasalahan-permasalahan hidup dengan konsep bening qolbu yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pelatihan ini dikemas dengan berbagai metoda pembelajaran dan pembiasaan terpadu yang sekaligus menyentuh sisi-sisi rasionalitas, emosional, dan juga spiritual.

B. LATAR BELAKANG
Pelatihan Manajemen Qolbu Basic ini dirancang berdasarkan latar belakang permasalahan sebagai berikut :
1. Perlunya individu memiliki kebeningan hati sehingga dapat memancarkan akhlak mulia.
2. Pribadi yang mulia adalah pribadi yang dapat mensikapi setiap kejadian/masalah apapun dalam hidup dengan sikap terbaik yang disukai oleh Allah SWT.
3. Hati merupakan pusat kendali dari setiap tindakan kita yang muncul dalam bentuk tindakan

C.TUJUAN
Tujuan dilaksanakannya pelatihan MQ Basic ini adalah :
1. Memahami makna dan kunci-kunci ketentraman dan kebahagiaan dalam hidup
2. Memahami peranan qolbu dalam hidup
3. Mengenal penyakit qolbu yang ada dalam dirinya
4. Mampu membersihkan dan memelihara diri dari penyakit qolbu

D.MATERI PELATIHAN
Pelatihan MQ Basic ini di selenggarakan dengan mengacu pada materi berikut ini :
• Pengantar Pelatihan
1. Mengantarkan peserta pelatihan untuk siap mengikuti pelatihan MQ
2. Memberikan gambaran sekilas mengenai tujuan pelatihan MQ Basic
3. Menginformasikan prinsip, budaya dan Tata terrtib pelatihan agar dapat optimal mendapatkan ilmu dan nyaman dalam pelatihan
4. Kesepakatan belajar

• Hakikat Diri Manusia
1. Kesadaran akan hakikat kehidupan manusia
2. Pengenaan 3 Potensi yang dibekalkan pada manusia
3. Kesadaran akan peranan potensi spiritual / qolbu dalam diri manusia
4. Visi Misi Manajemen Qolbu

• The Power of Qolb
1. Memahami peranan potensi qolbu dalam diri
2. Menyadari kondisi qolbu masing-masing

• Mengenal penyakit Qolbu
1. Mengetahui karakteristik dan tanda-tanda penyakit Qolbu
2. Mengetahui macam penyakit qolbu
3. Mengetahui sumber penyakit Qolbu

• Kiat Melembutkan Qolbu
Konsep Melembutkan Hati dengan 2 B 2 L

• Kiat menggapai Qolbun Salim
1. Mengetahui terapi khusus penyakit qolbu
2. Kiat Mencegah Penyakit Qolbu
3. Menggapai Qolbun Salim dengan konsep 5 AT

• Sense of Death

• Tahapan Rencana Tindakan Pribadi (Personal Action Plan)
1. Termotivasi untuk melakukan perubahan diri
2. Merencanakan tindakan-tindakan perubahan diri

0 komentar:

Posting Komentar

Tags


ShoutMix chat widget

Blog Archive

Blog Archive