Jelang Ramadhan

Posted by Pelatihan MQ 14.52, under | No comments

Pesantren Kilat MQ Jelang Ramadhan

PENGANTAR

Ramadhan ditetapkan  Allah sebagai satu bulan yang memiliki keutamaan khusus dalam setiap tahun nya. Ramadhan adalah bulan umat islam, seperti sabda Rasulullah saw ” Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan umatku”

Didalamnya disajikan berbagai menu spesial yang penuh dengan keberkahan, “ Wahai Manusia! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Alllah. Hari-harinya adalahah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yang paling utama....”
Dalam setiap perguliran waktu yang diberikan memiliki keutamaan yang dapat dimanfaatkan oleh setiap hamba untuk menuju tujuan yang sama yaitu puncak derajat Taqwa.  Sehingga, pada bulan ini penuh dengan kesempatan proses perubahan diri bagi siapa pun yang menginginkannya dan yang mau berusaha.
“Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (Q.s Al Baqoroh : 183 )
Kenapa taqwa? Karena taqwa adalah gelar yang paling tinggi yang bisa di raih oleh manusia. Gelar inilah yang membedakan kualitas manusia, yang bisa membuat gelar-gelar lain tidak ada artinya di hadapan Alloh.
“Sesungguhnya Orang yang paling mulai di antara kamu disisi Alloh adalah yang paling bertakwa … (Q.s Al Hujurot :13)
Sangat disayangkan, apabila masa-masa yang sangat spesial ini terlewat begitu saja tanpa ada usaha dari kita untuk mengupayakan perbaikan diri menjadi lebih baik. Tidak terkecuali halnya bagi sosok remaja yang masih sangat memerlukan uluran tangan orang dewasa dalam membentuk jati diri sebagai hamba Allah. Remaja yang masih memiliki tingkat emosional yang sangat labil dan masih memerlukan input positif tentang pemaknaan hidup dan perubahan diri menjadi remaja yang berakhlak mulia dengan pribadi-pribadi ahli Dzikir-Fikir-Ikhtiar.

Pelatihan Anak Dan Remaja Daarut Tauhiid Trainning Center Bandung menawarkan program Pelatihan Jelang Ramadhan yang berupaya memfasilitasi remaja dalam mempersiapkan diri menjemput ramadhan, agar dapat mempersembahkan yang terbaik di Ramadhan yang akan dilewati sehingga mendapat predikat taqwa dan dapat membawa perubahan diri menjadi remaja yang berakhlak mulia.

TUJUAN PELATIHAN
1. Peserta mengetahui istimewanya bulan Ramadhan
2. Peserta mengetahui  tips untuk mendapatkan keberkahan bulan ramadhan dengan konsep 7 Cinta ( Cinta Ilmu, Cinta Puasa, Cinta Al qur’an, Cinta Sedekah, Cinta Masjid, Cinta Sholat Malam, Cinta Dzikir )
3. Peserta mampu mempraktekkan konsep 7 Cinta
4. Peserta mampu merumuskan arahan dan perencanaan selama ramadhan

PENDEKATAN PELATIHAN
• Sesi Kolosal
• Aktivitas Kelompok
• Outdoor Activity
• Role Play
• Pembiasaan


MATERI INTI
1. RAMADHAN : Kado Spesial Untuk Yang Istimewa
2. Keajaiban Sedekah
3. Indahnya berinteraksi dengan Al-Qur’an
4. Lebih dekat dengan Alloh
5. Must  be Prepared : Kudu Siap Biar mantap
6. Muhasabah

0 komentar:

Posting Komentar

Tags


ShoutMix chat widget

Blog Archive

Blog Archive